Must Hermawan’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Bicara Dengan Bahasa Hati

Tak ada satu pun musuh yang tak dapat ditaklukkan oleh cinta,
Tak ada satu pun penyakit yang tak dapat disembuhkan oleh kasih sayang,
Tak ada satu pun permusuhan yang tak dapat dimaafkan oleh ketulusan,
Tak ada satu pun kesulitan yang tak dapat dipecahkan oleh ketekunan,
Tak ada satu pun batu keras yang tak dapat dipecahkan oleh kesabaran,
Semua itu haruslah berasal dari hati Anda.

Bicaralah dengan bahasa hati, maka akan sampai ke hati pula.

Kesuksesan bukan semata-mata betapa keras otot dan betapa tajam otak Anda,
Namun juga betapa lembut hati Anda dalam menjalani segala sesuatunya.

Anda tak kan dapat menghentikan tangis seorang bayi,
Hanya dengan merengkuhnya dalam lengan yang kuat,
Atau membujuknya dengan berbagai gula-gula dan kata-kata manis,
Anda harus mendekapnya hingga ia merasakan,
Detak jantung yang tenang jauh di dalam dada Anda.

Mulailah dengan melembutkan hati sebelum memberikannya pada keberhasilan Anda.

Hari Ini,

Aku akan memulainya dengan ucapan syukur dan senyuman bukan kritikan,
Akan kuhargai setiap detik, menit dan jam,
Karena tak sedetik pun dapat ditarik kembali.

Hari ini tidak akan kusia-siakan,
Seperti waktu lalu yang terbuang percuma,
Hari ini takkan kuisi dengan kecemasan tentang apa yang akan terjadi esok.

Akan kupakai waktuku untuk membuat sesuatu yang kuidamkan terjadi,
Hari ini aku akan belajar lagi, untuk memperbaiki diri sendiri.

Hari ini akan kuisi dengan karya,
Kutinggalkan angan-angan yang selalu mengatakan :
Aku akan melakukan sesuatu jika keadaan berubah.”

Jikalau keadaan tetap sama saja, dengan kemurahan-Nya,
Aku tetap akan sukses dengan apa yang ada padaku.

Hari ini Aku akan berhenti berkata: “Aku tidak punya waktu
Karena Aku tahu, Aku tidak pernah mempunyai waktu untuk apapun,
Jika Aku ingin memiliki waktu, maka Aku harus meluangkannya.

Hari ini akan kulalui seolah hari akhirku,
Akan kulakukan yang terbaik dan tidak akan ditunda sampai esok,
Karena hari esok belum tentu ada.

Anda dan Sang Khalik

Orang sering sulit dimengerti,
Tidak pikir panjang dan selalu memikirkan diri sendiri,
namun demikian … tetap ampunilah mereka.

Bila Anda baik hati, orang mungkin menuduh Anda egois, atau punya mau,
namun demikian … tetaplah berbuat baik.

Bila Anda sukses, Anda akan menemui teman-teman yang tidak bersahabat,
dan musuh-musuh sejati Anda,
namun demikian … teruskan kesuksesan Anda.

Bila Anda jujur dan tulus hati, orang mungkin akan menipu Anda,
namun demikian … tetaplah jujur dan tulus hati.

Hasil karya Anda selama bertahun-tahun dapat dihancurkan orang dalam semalam,
namun demikian … tetaplah terus berkarya.

Bila Anda menemukan ketenangan dan kebahagiaan,
mungkin ada yang iri,
namun demikian … syukurilah kebahagiaan Anda.

Kebaikan Anda hari ini gampang sering dilupakan orang,
namun demikian … teruslah berbuat kebaikan.

Berikanlah yang terbaik dari Anda,
meski itu pun tidak akan pernah memuaskan orang,
namun demikian … tetaplah terus memberikan yang terbaik.

Pada akhirnya ….

Perkaranya adalah antara Anda dan Sang Khalik …
dan bukan antara Anda dan mereka.

July 8, 2008 - Posted by | Religius | , ,

No comments yet.

Leave a comment